Grand Launching Jakarta Corporate University (JakCorpU)


Jakarta, 21 Desember 2021, Sebagai wujud pelaksanaan amanat PP 17/2020 tentang Manajemen ASN yang menghendaki agar pengembangan kompetensi bagi PNS dilaksanakan melalui pendekatan sistem pembelajaran terintegrasi/ terpadu (corporate university), maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Keputusan Gubernur nomor 1211 tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Bagi Pegawai Negeri Sipil Melalui Pendekatan Sistem Pembelajaran Terintegrasi/Terpadu Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Jakarta Corporate University), telah resmi mencanangkan penerapan pendekatan corporate university dalam pengembangan SDM di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Pencanangkan tersebut dilaksanakan melalui kegiatan Grand Launching Jakarta Corporate University (JakCorpU) pada tanggal 21 Desember 2021 yang diresmikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, selaku Pelaksana Harian Jakarta Corporate University mewakili Gubernur DKI Jakarta.


Peresmian JakCorpU menandai era baru penerapan strategi pengembangan kompetensi di lingkungan Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta yang mengacu pada konsep corporate university, dimana adanya keselarasan antara kebutuhan pembelajaran dengan kebutuhan strategis unit kerja, kebutuhan jabatan dan gap kompetensi hingga level individu menjadi ciri utama.

Dalam pendekatan Corpu hasil pembelajaran juga diarahkan untuk memenuhi kaidah RAIA (relevant, applicative, impacful accessible) sehingga dapat lebih memberikan impact pada unit kerja. Dalam hal ini, unit kerja terlibat mulai dari perumusan analisis kebutuhan pembelajaran, pembentukan skill group owner (SGO) hingga implementasi pelatihan di tempat kerja (learning at work) melalui skema 70:20:10. Pendekatan learning at work memberikan peluang pembelajaran yang lebih variatif termasuk kesempatan melakukan learning from others dan learning from experience.


Karakteristik penyelenggaraan pembelajaran juga berubah seiring diimplementasikannya JakCorpU, seperti pola pengembangan kompetensi yang semula bersifat sentralistik, sektoral dan belum terintegrasi mejadi pengembangan kompetensi yang lebih terspesialisasi dengan perspective holicopter view dalam perumusan kebutuhan pengembangan kompetensi serta integrasi peran antara Unit Pengguna dan Penyelenggara Pembelajaran.


Diharapkan dengan perubahan-perubahan tersebut terwujud “Transformasi Metode Pengembangan Kompetensi dan PerilakuAparat Menuju Terwujudnya Jakarta sebagai Smart City dan City of Collaboration yang berahlak dan berbudaya” yang menjadi tema Grand Launching JakCorpU. Transformasi tersebut juga akan menjadi pendorong perubahan kualitas kinerja ASN Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sehingga dapat semakin optimal bekerja dalam rangka mewujudkan visiJakarta sebagai kota yang maju dan bahagia warganya.




Follow Us
  • Facebook Basic Square
Featured Posts
Recent Posts
Archive