
PROGRAM DIKLAT

PROGRAM DIKLAT UNGGULAN 2016
Sumber Daya Manusia adalah “roh” dalam suatu organisasi, dari Sumber Daya Manusia-lah elemen-elemen organisasi lainnya seperti modal, teknologi, dan uang dikendalikan. Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi DKI Jakarta terus berinovasi untuk mengembangkan diklat - diklat terbaik untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia DKI Jakarta menjadi siap dalam menjawab tantangan masa depan.
Salah satu diklat unggulan tahun 2016 ini adalah Diklat Kepemimpinan Pola Baru, dimana dalam kebijakan Lembaga Administrasi Negara yang baru ini Badiklatprov DKI Jakarta menjadi salah satu pionir serta inovator dalam implementasi Diklat Kepemimpinan Pola Baru di Indonesia. Diklat unggulan lain adalah Diklat Teknis dan Fungsional antara lain Diklat Perijinan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Diklat Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual serta Diklat Manajemen Perencanaan dan Pembangunan Daerah.
Diklat Prajabatan Golongan I, II dan III (K1/K2)
Diklat Prajabatan Golongan II
Diklat Prajabatan Golongan III
Diklat Kepemimpinan Tk. III
Diklat Kepemimpinan Tk. IV
Diklat Capacity Building
Workshop Revolusi Mental
Diklat Pengembangan Kapabilitas Kepemimpinan
Diklat Pengelolaan dan Pelaporan Berbasis Akrual
Diklat Bendahara Penerimaan
Diklat Bendahara Pengeluaran
Diklat Pengelolaan Barang Daerah
Diklat Manajemen Sekolah
Diklat Manajemen BLUD
Diklat Pelayanan Prima
Diklat Penyelesaian Sengketa Hukum
Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tk. Dasar dan Ujian Sertifikasi
Diklat Manajemen Penanggulangan Bencana
Diklat Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah
Diklat Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Diklat Keprotokolan
Diklat Reformasi Birokrasi
Diklat Sistem Pengendalian Intern Pemerintah
Diklat Teknis Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan serta Estate Manajemen
KALENDER DIKLAT 2016
Diklat Kepemimpinan Tk. IV
Mar - Nov
4 Angkatan
Diklat Pelayanan Prima
Mar - Mei
5 Angkatan
Diklat Penyelesaian Sengketa Hukum
Sep
3 Angkatan
Diklat Manajemen BLUD
Jul - Ags
4 Angkatan
Diklat sistem Pengendalian Intern Pemerintah
Ags - Sep
5 Angkatan
Diklat Pengelolaan Barang Daerah
Mei - Ags
7 Angkatan
Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tk. Dasar dan Ujian Sertifikasi
Apr - Okt
13 Angkatan
Diklat Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah
Ags - Sep
3 Angkatan
Diklat Reformasi Birokrasi
Agust - Sep
3 Angkatan
Diklat Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Apr - Jul
7 Angkatan
Diklat Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual
Feb - Apr
42 Angkatan
Diklat Manajemen Sekolah
Sep
5 Angkatan
Diklat Pengembangan Kapabilitas Kepemimpinan
Feb - Mart
8Angkatan
Diklat Prajabatan Golongan III
Feb - Nov
29 Angkatan
Diklat Pengelolaan Keuangan bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan
Mei - Ags
10 Angkatan
Workshop Revolusi Mental
Mei - Okt
5 Angkatan
Diklat Capacity Building
Sep - Okt
5 Angkatan
Diklat Prajabatan Golongan II
Maret - November
4 Angkatan
Diklat Kepemimpinan Tk. III
Mar - Okt
3 angkatan
◄
1/2
►

DIKLAT KEPEMIMPINAN
Diklatpim pola baru ini oleh LAN ditahbiskan sebagai reformasi sistem diklat yang sejatinya dimulai dari diklat kepemimpinan. Diklat ini ditujukan untuk mendapatkan CHANGE MASTER khusus untuk pejabat adminstrator juga menciptakan change agent di SKPD.
Ide - ide inovasi dilatih untuk dikembangkan dalam diklat ini dengan metode - metode yang menarik dan langsung diimplementasikan nyata di SKPD
Pada diklat ini peserta akan didampingi oleh narasumber/coach/conselor/mentor dalam menyusun proyek perubahan
DIKLAT PRAJABATAN
Diklat prajabatan ini oleh LAN dibuat sebagai reformasi sistem diklat yang sejatinya dimulai dari diklat prajabatan.
Diklat ini dimulai dengan membangun mind set CPNS untuk menjadi change agent di pemerintah provinsi DKI Jakarta. Dasar kompetensi yang dibangun adalah Akuntabilitas PNS, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi (ANEKA).
Diklat ini menerapkan berbagai macam metode yang menarik dalam pembelajarannya


DIKLAT CAPACITY BUILDING
Diklat ini merupakan diklat unggulan yang ditujukan untuk staf potensial yang akan berperan sebagai change agent di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Dasar kompetensi yang dibangun meliputi Integritas Diri, Perilaku layanan, Pengembangan Ketahan-malangan (Adversity Intelegent), Berfikir dan Penyelesaian Masalah Kreatif (Creative Thinking and Problem Solving)
Metode yang digunakan adalah six thinking head (anthony Robins), jigsaw, harmonisasi angklung ditunjang dengan games dan simulasi yang menarik.
Hasil yang akan dicapai dalam diklat ini adalah peserta memiliki ketahan-malangan dalam menghadapi tantangan dan tuntutan di pemprov DKI Jakarta.
DIKLAT BRAIN & HEART POWER FOR STRONG LEADER
Diklat unggulan ini ditujukan untuk top 10 alumni diklat kepemimpinan tingkat IV. Ditujukan untuk mencipatakan sosok pemimpin yang memiliki High Thought (Pikiran Mulia), High Truth (Kebenaran Hakiki), High Tech (Paham Teknologi) dan High Touch (Sentuhan Prima)
Karakter pemimpin yang dibangun dalam diklat ini adalah sosok "Leader Climber" (mampu terus mendaki prestasi, memiliki pribadi yang unggul dengan ketahan-malangan yang kuat, aktif mencari solusi dan proaktif)
Diklat ini dilaksanakan secara indoor maupun outdoor dengan berbagai metode yang menarik.


DIKLAT PTSP
Diklat PTSP merupakan paradigma baru layanan masyarakat, diklat ini ditujukan untuk mewujudkan SDM Aparatur yang profesional melayani (memiliki tanggung jawab, bersikap proaktif, cepat tanggap, cermat dan mampu mengoperasikan sistem perijinan online satu pintu).
Diklat ini juga membangun Integritas tanpa kompromi yang merupakan karakter dasar bagi petugas PTSP yang profesional
Metode yang digunakan selain pembentukan karakter, peserta juga dilatih untuk terampil menggunakan komputer dan memahami sistem perijinan online yang diterapkan di Provinsi DKI Jakarta

DIKLAT PELAYANAN PRIMA
Diklat ini ditujukan untuk mendidik SDM Aparatur pelayanan serta meningkatkan kepuasan masyarakat atas pelayanan Pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Peserta dari diklat ini adalah pegawai yang bekerja pada SKPD di bidang pelayanan masyarakat.
Setelah selesai mengikuti pembelajaran peserta diharapkan mampu memahami dan menjalankan pelayanan prima kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan menunjukkan performa pribadi prima, melaksakanan standar pelayanan dengan baik dan benar, dan mampu memahami kebutuhan pelanggan dalam memberikan layanan